Rabu, 20 Oktober 2010

Belajar Mencintai Statistik, Mencintai Negara

Kuliah di jurusan statistik bukan impian gw. Kenapa sekarang masuk jurusan statistik?
Gw critain nih sejarahnya..




Dulu gw mulai mikir kuliah pas SMA kelas 1 alias kelas X n yang kebayang pas itu cuman 3 : STAN.. STAN.. dan STAN..

Gw pengeeennnn bangeeettt binti ngebeeeeddd dah kuliah di STAN. Abiz keliatannya keren, gratis, lulus langsung kerja (walopun katanya musti tetep tes CPNS dulu, tp gw yakin lah ga mungkin lulusan STAN yang uda dibiayain negara dianggurin gitu aja.. rugi donx negara.. hahhaa)..

Dari tekad gw itulah akhirnya mulei kelas XII awal, gw uda siapin diri. Gw kudu tembus USM STAN!! Langsung deh semester 1, gw titip buku USM ke kk kelas yang uda kuliah di sono. Abiz dapet bukunya, dengan rajin dan telaten gw pelajarin tuh buku, kerjain soal2nya, kadang pake diwaktu juga. Liburan jg gw sempetin ngerjain soal. Niat banget yah..
Soal2nya ga susah2 juga sih, menggelitik logika.. haiiahh

Nah,, di tengah perjuangan gw itu, gw diseret guru bahasa indonesia gw buat ikut lomba karya tulis. Awalnya gw ga mau, kapok gitu. Abis selama ikut lomba karya tulis itu pasti makan waktu lama, browsing2 lah, edit2 lah, revisi2, belum lagi nyiapin presentasi kalo masuk 10 besar, ampe nginep2 di rumah bu guru pula. Gw ampe pernah nangis2 pas nginep preparing lomba itu. T.T
Ortu gw jg kurang mendukung, lagian gw uda kelas XII waktu itu, it's time for preparing everything 4 my future!!! Tjiiahhh..

E..ee.. tapi ujung2nya gw ketarik juga ikut tuh lomba, masih kelas XII semester awal juga. Okelah, akhirnya gw ikut lomba itu sekalian buat banyakin pengalaman, apalagi lombanya bertaraf nasional. Guru bahasa Indonesia gw, pembimbing KTI gw, namanya Ibu Sunarni. Tema KTInya waktu itu "Peran Statistik Dalam Pembangunan". Gw dikasih usulan judul KTI "Pengaruh Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP) Terhadap Perilaku dan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Pesisir di Desa Purwahamba Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal".

Udah bikin rancangan KTInya, trus libur bulan puasa. Cz deadline tu lomba deket2 lebaran, terpaksalah gw ngorbanin sedikit sisa waktu liburan gw abis lebaran buat edit2, ngumpulin data n revisi2 KTI gw. Perwakilan yang ikut lomba di SMA gw ada 3 orang : gw, embat (tika), n arfive. Laptop yang buat editing di rumah bu Narni cm satu, jadilah gw bolak balik rumah gw-rumah bu narni pake sepeda buat ngerjain editing di komputer rumah. Udah H-1 dari deadline, belum jadi juga KTI qt bertiga. Qt ampe nginep di rumah bu narni n gantian laptop buat ngedit KTI  arfive jm 8 malem, gw jam 11, embat jam 3.. hahhhaa
Lucu juga kalo diinget2.. ^^

Pagi hari deadline pun tiba. Setelah begadang semalaman, akhirnya . . . . . . . . . . . . 
KTI belum jadi juga. GUbRaKKKzz!!!!
Gw heran sendiri juga, abis kayaknya bikin KTInya dikebut pas H-2. Qt bertiga ngebut lagi deh ngerjain KTI pagi itu.. teruss.. teruss.. teruss.. sampe otak  gw udah ngebul banget rasanya.. MENDIDIH!!

Qt pun akhirnya berhasil menyelesaikan KTI sekitar jam 5 sorean. Langsung dah difotocopy, jilid, print, n beli amplop buat dikirim ke ITS (Institut Teknologi Sepuluh November), penyelenggara lomba. Proses itu ternyata makan waktu lama, sekitar 1 jam lebih. Ditambah bingung2 mikir pake transport apa malem2 ke kantor pos, sampe jam 8 malem qt masih muter2 di SMA. Karena uda ga tahan lagi, sohibul Arfive pun bergerak! Dia ujug2 lari gatau pake apa, menuju kantor pos..

Tinggal ngirim softcpy nya nih. Gw yang ditugasin, abis rumah gw paling deket ama warnet2an. Okelah. Embat pun pulang. Tinggalah gw sendiri, dijemput bapak. Pas dijemput, gw bilang mau girim softcoy ke warnet, tapi warnetnya gemblung! Kagak bisa buat ngirim data. T.T

Gw pun pulang dengan kecewa. Kecewaaaa beraatttt. Tumpahlah airmata gw sesenggukan.. Ditambah omelan ortu gara2 gw kaya terforsir banget mpe nginep2 (ortu gw emang ga suka anaknya nginep2 di rumah orang).. T.T
Untungnya ada si "dia". Jadi ada tempat nampung curhat n nagis pol2an gw. Gw takut bangettt hasil kerja superkeras kami ber3 kagak masuk gara2 telat ngirim.. T.T

Abis curhat, uda plong.. baru bisa berpikir jernih.. TinG : Minta Nomer CP lomba!!!
Gw hubunginn tuh CPnya n bilang maaf telat ngirim, masih bisa diterima gak.. Alhamdulillah bisa.. eheehhee.. Masalah teratasi!! Softcopy dan hardcopy pun dikirim keesokan harinya, cz ternyata semalem kantor pos uda tutup! hahhaaa. Kasian amat arfive..

Begitulah.. proses gw ikut lomba karya tulis yang ternyata namanya "Olimpiade Statistik" ini. Agak ga nyambung namanya ya, tapi biarlah. Lanjut cerita, gw n embat lolos ke 10 besar n melakukan persiapan lagi buat presentasi. Untungnya kami punya pembimbing yang sangat hebat! Ibu telaten sekali membimbing kami agar kami menguasai materi, bahkan ibu menyusun2 juga pertanyaan yang kira2 ditanyain pas sesi tanya jawab nanti..

Alhasil, kami pun tembus 3 besar. Embat juara 1, aku juara 3. Kami pun mendapat kesempatan untuk masuk di jurusan statistik universitas2 pendukung lomba itu tanpa tes, diantaranya : Unibraw, Unsoed, UGM, ITS, dkk. dan jugaa.. STIS..
Dari situlah awal perkenalanku dengan S-T-I-S..

Dari situ juga gw baru tw kalo STIS itu perguruan tinggi kedinasan (PTK) juga kayak STAN,, gratis juga biaya kuliahnya, abis lulus langsung kerja juga, malah dapet uang saku.. Hmmmm.. boleh juga nih! Ini masuk kriteria inceran gw.. Sebagai anak sulung dari 4 bersaudara,, gw ga pengen mbebanin ortu yang cuma PNS dengan biaya kuliah yang menggila..

Sejak saat itu, karena gw uda mengantongi sertifikat "masuk tanpa tes" di universitas2 tersebut di atas, jadi gw ga pusing2 lagi mikir buat daftar universitas sana-sini n pilih jurusan.. But still, STAN is my target! Accounting nya terutama..

Hari2 pun berlalu sampe tiba saat Try Out STAN by IST (Ikatan Siswa Tegal).. Gw ikut, sekalian menjajal kemampuan. Pas itu sih gw baru nyelesein setengah buku soal2 USM. Alhamdulillah lagi hasilnyaa siiipppp. Makin mantap dah..

Masa pendaftaran tiba. Gw cuma daftar STIS n STAN. Walopun udah pasti masuk STIS, gw tetep ikut psikotes, wawancara, n tes kesehatan buat formalitas. Sementara USM STAN, gw uda tawakkal, setelah usaha yang cukup sip belajar semua soal2 USM, buku psikotes, sampe buku bahasa inggris, reading, listing vocab, dkk..

Pengumuman pun tiba! Gw seneeeengggg bangeeeedd bisa diterima di Accounting nya STAN.. Hwaaaahhhh pilihan yang beratt.. cz gw juga uda dapet temen2 baru yang bareng daftar di STIS.. >.<
Tapi lebih ke pertimbangan dari ortu dan segenap jajaran keluarga, akhirnya gw melepas impian gw dan tinggalah gw di STIS. Antara nyesel ga nyesel sih. Tapi sekarang gw insya ALLAH ga ngerasa nyesel lagi. Udah bahagia juga di STIS, sangat bahagia.. Makasiii ya Allah.. ^^

Begitulah asal muasal gw bisa nyasar di STIS inih.. Sempet kesel juga ketemu Mathematics yang cukup rumit pas awal2.. Beuuhh!!! Susah bener kuliah di sini..
Tapi lama2 gw enjoy. Temen2nya dosen2nya n lingkungannya juga baek2. Apalagi sekarang kampus uda baru gedungnya, uang saku naek.. Makmur dah.. :D

Oleh sebab itu,,
sekarang gw lagi bertekad untuk benar-benar mencintai STATISTIK, sebagai bagian tak terpisahkan dari hidup gw.  Gw pengen belajar bener2 biar jadi statistisi andal yang bisa ikut mbantu mbangun negara, ga asal kerja. Gw sadar juga, gw uda ngabisin banyak duit negara, duit rakyat buat nyekolahin gw, mbiayain gw juga.. Jadi gw mesti balas budi..
Semoga niat gw ini ga luntur dikikis rasa malas dan sebab-sebab ga penting lainnya.. Amiinnn...

SEMANGAAAATTTTT!!!!! ^O^

2 komentar:

  1. Tyas, ya?
    Aku malah ora minat STAN sama sekali. Aku benci akuntansi :(

    BalasHapus
  2. Data/statistik adalah pusat ilmu pengetahuan. Dengan data, pembangunan akan lebih terencana dan lebih presisi. Evaluasi hasil pembangunan mereflesikan hasil kerja keras pemerintah apakah sudah mencapai target atau tidak. Alangkah bahagiannya orang yang mencintai dan, berkarya dengan data. Bisa memberikan informasi yg lebih presisi daripada berbicara tanpa data. Insya Allah, pahala Allah mengalir bagi orang orang yang menekuni data/statistik dengan menyajikan informasi dari data yang berkualitas.

    BalasHapus