Kamis, 07 Oktober 2010

Antara Lips balm, Lip gloss dan Lip stick

Memiliki bibir yang seksi dan sehat pastinya jadi idaman setiap kaum hawa. Berbagai cara ditempuh untuk merawat bibir supaya sehat dan tampil dengan percaya diri dengan bibirnya. Produk-produk kosmetika penunjang penampilan bibir diantaranya terdiri dari Lip Balm, Lip Gloss, dan Lipstik. Nah,, apakah perbedaan dan kegunaan ketiga jenis produk ini?


Lip Balm
Fungsi utama lip balm adalah untuk melapisi bibir, menjaga kelembapannya dan mencegah bibir kering. Karena itu, lip balm diciptakan bening alias tidak berwarna. Tapi, kalau ingin bibirmu lebih berwarna, cobalah pilih lip balm sheer colour.

Meski ada macem-macem jenis lip balm, kita harus tetap selektif. Sebaiknya pilih lip balm yang kadar kandungan pelembapnya tinggi, banyak mengandung emollient dan minyak alami. Ada juga produk lip balm yang mengandung tabir surya untuk melindungi bibir dari sinar UV. Jenisnya tidak hanya dalam berupa stik, ada pula yang berbentuk cream dan cair.

Lipgloss

Sedikit beda dari lip balm, lip gloss memberikan efek glossy atau mengkilap pada bibir. Lip gloss tidak memberikan perlindungan seefektif dan sekuat lip balm. Karena itu, dianjurkan tetap memakai lip balm terlebih dahulu sebelum memulaskan lip gloss di bibir.

Hati-hati juga saat membeli lip gloss. Lip gloss berbahan dasar air dan minyak bakal membantu menjaga kondisi bibir. Lip gloss yang berbahan dasar alkohol dapat membuat bibir jadi kering. Lip gloss dengan kandungan vitamin E dan aloe vera baik dan dapat memberi sensasi kesejukan pada bibir.

Lipstik

Lipstik berfungsi memberikan warna pada bibir. Ada yang berbentuk liquid, stick, atau cream. Tidak seperti lip gloss, lipstik cenderung lebih pekat,  tidak transparan. Beberapa lipstik dapat pula berfungsi sebagai lip balm, mengandung vitamin E atau suplemen lain untuk menjaga kelembapan bibir.

Perhatikan kandungan bahan lipstik saat membeli. Jangan sampai lipstik yang kamu beli malah merusak bibir, misalnya mengakibatkan bibir pecah-pecah atau menghitam. Untuk lipstik yang susah dihapus, kamu bisa membubuhkan sedikit minyak zaitun untuk membantu menghilangkannya. Kurangi pemakaian lipstik jenis matte karena kandungan SPF-nya sangat rendah. Hindari pula pemakaian lipstik berbahan alkohol yang cenderung membuat bibir kering.

1 komentar: