Sabtu, 23 Oktober 2010

Bertemu Calon Mertua? Siapa Takut!

Apa yang ada di benak anda ketika pertama kali akan bertemu dengan calon mertua ? Grogi pasti, deg-deg an iya, stress juga biasanya. Takut ditolak dan dinilai tidak cocok buat anaknya, biasanya itu yang menjadi beban pikiran kita. Disini ada sedikit tips agar anda tidak salting alias salah tingkah di hadapan calon mertua. Yukk..simak tips berikut ini yang mana boleh dilakukan dan jangan dilakukan saat bertemu pertama kali dengan calon mertua.
Boleh dilakukan
1. Kenali beberapa hal mendasar tentang orangtuanya sebelum hari H itu tiba. Seperti nama, umur, pekerjaan, mungkin juga ada info lain seperti hobi, makanan favorit atau juga hewan kesayangan mereka. Bisa dicatat dan dihafalkan, jadi anda tidak akan kehilangan bahan pembicaraan saat pertemuan pertama.
2. Kenakan busana yang manis dan rapi. Hindari busana yang terlalu terbuka (bagi wanita), rok yang terlalu pendek atau warna rambut yang gila-gilaan saat pertama kali bertemu. Berpakaian manis dan rapi biasanya akan menimbulkan kesan yang baik juga bagi kedua orangtuanya.
3. Mau bawa hadiah ? boleh, asal tidak berlebihan. Biasanya ibu calon mertua suka diberi sesuatu ( hihihi..kebiasaan wanita ). Tetapi usahakan tidak berlebihan sehingga terkesan berusaha mengambil hati. Bisa juga membawa sesuatu untuk dimakan bersama seluruh keluarga.
4. Dengarkan dan bertanya lah. Usahakan tertarik dengan obrolan yang terjadi dan menjadi pendengar yang baik. Adanya interaksi yang menarik ini, kemungkinan juga akan memancing orangtua nya untuk mengajukan banyak pertanyaan kepada anda dan lebih mengenal anda. Semua orangtua pasti senang calon menantu yang menarik.
Jangan dilakukan
1. Mabuk di rumah orangtuanya. Mungkin ada pesta kecil untuk menyambut anda dengan disediakannya minuman beralkohol, jangan sampai anda terlalu bersemangat dan malah mabuk di rumah orangtuanya.
2. Menganggap rumah calon mertua seperti rumah sendiri. Meskipun penerimaan mereka sangat baik kepada anda, dan menganjurkan agar jangan sungkan dan anggap rumah sendiri, ada baiknya anda tetap membatasi peran anda sebagai tamu.
3. Bermesraan di rumah calon mertua. Wahh..kalau ini bisa dong ditahan..:) Boleh lah sesekali memegang tangan kekasih anda atau memandang matanya dengan mesra, tetapi tetap hindari berpelukan atau bercumbu :)
4. Terlalu memuji-muji calon mertua. Meskipun misi anda untuk mengambil hati mereka, tetap usahakan berbicara yang baik dan sopan sesuai aturan. Terlalu memuji-muji calon mertua, mungkin bisa membuat mereka sadar bahwa anda sebenarnya hanya berbohong untuk mengambil hati mereka.
Nah..itu tadi sedikit tips untuk bersiap-siap bertemu pertama kali dengan calon mertua. Mudah-mudahan bisa mengurangi rasa grogi anda dan lancar untuk pertemuan – pertemuan selanjutnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar