Kamis, 14 Oktober 2010

Minumlah Teh Dengan Benar




Bagi kebanyakan orang membuat teh dengan rasa manis dan nikmat tak ada masalah. Namun, guna mendapatkan khasiat teh yang maksimum sehingga bermanfaat bagi kesehatan, tak semua orang tahu. Maka ada baiknya kita pahami cara menyeduh teh yang baik dan beberapa langkah berikut bisa dilakukan.

Gunakan air matang dan berasal dari sumber mata air.
Cucilah daun teh sebelum diseduh.
Untuk mendapatkan rasa teh yang enak, cucilah daun teh dengan menuangkan air panas secukupnya pada seduhan pertama kemudian digojog beberapa saat sebelum airnya dibuang. Hal ini dilakukan untuk membuang debu yang masih menempel pada teh dan rasa teh menjadi lebih enak.

Hindarilah menggunakan air yang baru saja mendidih untuk menyeduh teh.
Suhu air panas berkisar antara 80 – 90 derajat Celsius adalah yang paling baik karena dapat mempertahankan antioksidan teh tidak rusak. Minumlah segera setelah diseduh.

Hindari penyimpanan teh yang sudah diseduh lebih dari 24 jam, karena teh basi bisa mengakibatkan diare.

Simpanlah teh dalam wadah tertutup agar aromanya tetap terjaga baik. 

Jangan meminum teh pada saat makan atau sesudah makan, karena zat gizi yang masuk kedalam tubuh akan dicuri oleh zat-zat stimulan teh.

Jangan meminum teh saat perut anda kosong.
Usahakan isi dahulu perut anda dengan makanan atau buah-buahan sebelum meminum teh. Karena kafein akan merangsang produksi asam lambung sehingga membuat perut anda sakit.

Minum teh dalam satu hari maksimal adalah 5 cangkir teh atau 5 gelas teh ukuran 200ml, karena mengandung kafein (tehin) yang tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi orang.
Minumlah teh pada suhu yang sedang tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Minum teh pada suhu tinggi / panas dapat mengakibatkan kanker esofagus / kanker tenggorokan.
Ubah kebiasaan minum teh manis dengan gula karena dapat mengurangi zat-zat gizi yang baik dalam teh. Selain itu teh manis bisa menyebabkan kencing manis alias diabetes melitus jika terlalu banyak mengonsumsi gula.
Jika perut sedang kosong (belum makan) maka jangan minum teh, karena bisa meningkatkan produksi asam lambung dan membuat perut sakit
Minumlah teh di luar waktu makan. Minum teh saat makan atau sesudah makan dapat mengurangi gizi makanan kita karena diambil oleh zat stimulan teh.
Teh susu atau teh campur susu dipercaya dapat mengurangi zat stimulan pada teh. Sedangkan teh lemon (lemon tea) dapat membantu melindungi sistem pencernaan serta dapat mencegah kerang pada dinding usus.
Hati-hati minum teh kemasan siap minum dalam botol, kotak dan kemasan lain. Periksa kemasan dan isi jangan sampai isinya palsu karena bisa merusak kesehatan kita. Pelajari yang asli dengan cermat agar bisa mudah membedakan dengan membandingkan dengan yang palsu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar